susu pertumbuhan anak 1 tahun

Tips Memilih Susu Untuk Anak Usia 1 Sampai 3 Tahun

Ketika memasuki usia 1 tahun lebih, anak akan memerlukan asupan nutrisi dan gizi tambahan untuk membantu tumbuh kembang nya berjalan tetap maksimal. Salah satunya susu pertumbuhan anak 1 tahun, susu adalah minuman andalan untuk membantu pertumbuhan gigi dan menguatkan tulang si Kecil.

 

Akan tetapi, Bunda tidak boleh sembarangan ketika hendak memberikan susu pada si Kecil. Lalu, bagaimana cara yang tepat ketika hendak memilih susu yang baik untuk kesehatan dan membantu tumbuh kembang secara optimal? Berikut ulasan nya.

 

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi utama dan andalan untuk anak ketika usianya belum menginjak 1 tahun. Namun ketika si Kecil mulai memasuki usia tahun pertamanya, mereka akan memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang lebih, karena ASI sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan harian.

 

Untuk solusinya, Bunda bisa memberikan susu untuk si Kecil guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang cukup. Perlu diperhatikan, Bunda tidak boleh sembarangan memberi si Kecil susu, karena tidak semua jenis susu akan baik untuk dikonsumsi oleh anak.

 

Berikut cara memilih susu pertumbuhan anak 1 tahun yang baik untuk kesehatan dan bisa membantu tumbuh kembang si Kecil!

 

1. Perhatikan rentang usia pada kemasan susu

 

Pertama yang harus Bunda memperhatikan adalah rentang usia, pilih susu sesuai dengan usia si Kecil, karena setiap susu dibuat berdasarkan kebutuhan anak pada usianya masing masing, dan tentu saja kandungan nya juga berbeda beda.

 

Jika Bunda bingung bagaimana caranya, caranya sangatlah mudah. Bunda hanya perlu memperhatikan pada label kemasan kotak atau kaleng susu, lalu perhatikan rekomendasi usia yang tertera pada label.

 

Jika si Kecil berusia 1 tahun, maka Bunda harus memilih yang diperuntukkan usia 1 tahun yang biasanya tertulis pada label kemasan “untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, atau 1 sampai 2 tahun”

 

2. Pilihlah variasi rasa dari susu yang disukai si Kecil

 

Kebanyakan orang tua akan mengabaikan cara ini, biasanya para orang tua tidak memperhatikan berbagai variasi pilihan rasa yang terdapat pada susu, mereka hanya asal memilih susu yang terpenting susu tersebut baik untuk kesehatan si Kecil saja tanpa memperhatikan varian rasa.

 

Sebaiknya, Bunda memperhatikan varian rasa dari susu, karena jika si Kecil tidak menyukai rasa tertentu maka secara otomatis anak akan sulit bahkan tidak mau untuk meminumnya. Akibatnya, si Kecil tidak akan mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup pada masa pertumbuhan.

 

Sebelum menentukan rasa dari susu, ada baiknya Bunda mengetahui dulu rasa apa yang disukai oleh si Kecil, mungkin vanilla kah atau cokelat, beri sesuai yang anak sukai.

 

3. Kandungan nutrisi

 

Yang tidak kalah penting, hal yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan nutrisi dari susu tersebut. Saat si Kecil sudah menginjak usia lebih dari 1 tahun, anak sudah tidak bisa lagi mengandalkan lemak dari kandungan ASI untuk mendukung tumbuh kembangnya.

 

Artinya, si Kecil akan memerlukan asupan lemak yang lebih banyak dari luar, Bunda bisa memberikan asupan lemak untuk memenuhi kebutuhan si Kecil dari susu yang berbahan dasar dari susu sapi maupun susu rendah lemak.

 

Kandungan lemak susu sangat penting untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar cerdas dan pintar. Lemak susu akan baik jika dikonsumsi dengan cukup, jika berlebihan lemak susu bisa memicu obesitas pada si Kecil, jadi Bunda harus tahu takaran yang pas untuk anak di usia ini.

 

Takaran pas yang dianjurkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) takaran susu untuk anak usia 1 tahun cukup diberikan 2 gelas susu sehari atau 530 mililiter per harinya.

 

Selain lemak, nutrisi lain yang harus Bunda perhatikan adalah vitamin dan mineral, diantaranya vitamin A, vitamin B, kalsium dan lainnya, karena itu berguna untuk membantu tumbuh kembang sempurna pada anak.

 

 

Metadesc : memilih susu pertumbuhan anak 1 tahun perlu ketelitian, mulai dari kandungan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil agar tumbuh optimal, rasa yang akan disukai dan peruntukan usia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *