Metode Proteksi Cat Mobil Terbaru Dengan Paint Protection Film

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melindungi cat body mobil. Yang paling terbaru saat ini adalah dengan menggunakan metode paint protection film. Sebelumnya tentu anda sudah mengenal yang namanya perlindungan body mobil dengan menggunakan metode coating.

Metode ini hadir dengan berbagai variasi penawaran untuk anda para konsumen. Mulai dari yang harganya murah hingga mahal bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan coating dan paint protection film

Coating

Setelah keluar metode paint protection film, banyak yang menganggap bahwa coating dan metode terbaru itu adalah sama. Padahal perbedaannya sangat jelas. Coating adalah metode perlindungan cat mobil dengan bahan kimia seperti waxing dan juga nano caramic.

Penggunaan bahan kimia yang dioleskan pada mobil saat proses coating masih memungkinkan lapisan cat mobil terkikis. Jadi tentu body mobil mungkin saja mengalami resiko baret pada berbagai kondisi. Penggunaan metode coating ini wajib mendapat perawatan terus menurut agar mobil tanpa tetap mengkilap.

Coating tidak bisa disebut sebagai paint protection  film karena metode tersebut lebih mengarah kepada color protection. Yang artinya punya fungsi untuk menjaga warna mobil tetap cerah seperti baru.

Paint Protection Film

Metode paint protection film secara sederhana diartikan yaitu proteksi body cat mobil dengan menggunakan proses laminasi. Metode ini menggunakan lapisan polyurethane atau PU yang memiliki bentuk lembaran. Bahan PU adalah pilihan cat mobil selain cat nitro,cat duco dan cat lacquer. Perlindungan mobil dengan menggunakan metode PPF ini belum terlalu banyak digunakan khususnya untuk Indonesia.

Hal ini dikarenakan paint protection film memerlukan cara pemasangan yang lebih rumit dan detail serta harga yang lebih mahal dibandingkan metode coating. Pengaplikasian PPF punya proteksi yang lebih baik dibanding penggunaan coating. Belum lagi metode ini juga sangat mudah dalam perawatannya. Tidak seperti loathing yang harus selalu diperhatikan agar body mobil tetap kinclong. Bahkan dalam beberapa waktu Anda harus kembali ke bengkel untuk memeriksa apakah lapisan bahan kimia dari metode coating ini masih ada atau tidak.

Pengaplikasian PPF menjaga mobil tetap mengkilap dan melindungi cat dari goresan. Bahkan metode eliminasi ini menghindarkan kerusakan dengan pada mobil dari lemparan kerikil saat anda berada di jalanan yang rusak. Untuk penggunaan sehari-hari yang cukup sering mobil akan terlibat benturan, dengan penggunaan metode eliminasi mobil anda juga lebih terlindungi. 

Seperti dijelaskan di atas bahwa metode eliminasi ini cukup mahal. Tentu anda bertanya-tanya berapa sih harga dari pemasangan PPF. Untuk sekarang ini perusahaan yang menyediakan paint protection film menawarkan harga mulai dari 30 juta hingga 50 juta tergantung pada jenis mobil anda. Selain itu diberikan pula garansi selama 5 tahun ke jika terjadi kerusakan film akibat adanya kerusakan pabrikasi atau kesalahan pemasangan.

Jika dilihat memang investasi awal dari pemasangan laminasi ini cukup besar. Tapi yang harus dipahami adalah efek jangka panjang dari perlindungan cat mobil dengan metode eliminasi akan terasa untuk mobil kesayangan anda. Nah  perusahaan di Indonesia yang menyediakan PPF adalah PT Jaya Kreasi Indonesia atau mungkin yang anda kenal dengan nama Uniglobe.

Penutup

Nah, demikian penjelasan singkat seputar paint protection film yang perlu Anda ketahui sebagai metode terbaru untuk perlindungan cat body mobil. Bagi Anda yang tertarik melakukan pemasangan cat body mobil dengan metode laminasi ini, rasanya sangat tepat. Karena di masa depan metode laminasi akan jadi yang paling efektif untuk melindungi body mobil anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *